#Misi21 – Plan. Do. Act.

“By failing to prepare, you are preparing to fail.” ― Benjamin Franklin.

Photo: Aaron Burden

*

Kemarin saya disibukkan dengan deadline seleksi kumpulan cerpen Kampus Fiksi Emas 4. Mengerjakan dan mengirim di detik-detik terakhir membuat saya harus bolos dari menulis ulasan tentang Misi21 hari ke-6. Hari keenam ini diisi dengan membuat plan dalam jurnal saya.

Kalau kamu adalah tipe orang yang punya banyak kesibukan, contohnya tugas kuliah, kerjaan, hobi, tugas sekolah, dan lain sebagainya, terus kamu merasa pusing mengatur waktu untuk semua itu? Mungkin ini saat yang tepat untuk kamu memilah semua things-to-do itu. Kemarin saya melakukannya.

Saya membuat list tentang apa-apa yang saya rasa harus saya lakukan, kemudian membentuk Eisenhower Box. Eisenhower membagi aktivitas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi. Jika kamu punya waktu yang sedikit dengan load kerja/tugas yang sangat banyak, mungkin kamu bisa memutuskan mana yang jadi prioritasmu dengan menggunakan Eisenhower Box itu.

  • Important & Urgent; kuadran ini menunjukkan krisis dan keadaan darurat yang harus diselesaikan saat itu juga.
  • Important & Not Urgent; kuadran ini adalah yang terpenting karena di sinilah semua perencanaan, improvement, dan pencegahan dilakukan. Jika kamu berhasil mengerjakan aktivitas di kuadran ini, kemungkinan kamu akan aman dan meminimalisir terjadinya keadaan darurat.
  • Urgent & Not Important; jika kamu punya banyak aktivitas di kuadran ini, mungkin sebagian bisa didelegasikan. Interupsi-interupsi biasanya berada pada kuadran ini.
  • Not Urgent & Not Important; kuadran ini adalah bagian paling membuang-buang waktu. Jika bisa, hapus kegiatan yang ada di kuadran ini untuk hari yang lebih produktif.

Begini rupa Eisenhower Box:

source: czarto
source: czarto

Sementara, ini rupa Eisenhower Box versi saya:

p_20170301_223558.jpg

Rencananya, saya akan membuat versi besar untuk ditempel di tembok. Sekaligus menjadi pengingat deadline. Semoga terlaksana nanti! :D

Selanjutnya, hari ketujuh saya isi dengan membuat tracker pada jurnal saya. Bullet journal yang saya buat adalah mengenai Saving Tracker dan Bills Tracker. Sebenarnya hampir sama dengan catatan keuangan biasa, tapi karena saya adalah tipe orang yang malas mencatat daftar keuangan, maka saya buat versi lebih simpel dengan tabel-tabel yang diisi bulanan dan dihias lebih unyu supaya saya tidak bosan.

Kalau kamu, suka bikinjurnal begini juga, nggak?

Cheers,

dhamalashobita

Source :

Advertisements

One thought on “#Misi21 – Plan. Do. Act.

  1. Saya sukaaa… tapi berantakan. hehe. Selalu naksir letteringnya, Mala… :) dan menghiasnya itu lho yang bikin enak dilihat… jurnal dan template catatanku semua isinya coretan dan tulisan naik turun nyempil di mana2… Makanya paling aman pake excell aja deh. :(

Your feedback is a gift

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s