Farewell

Perpisahan

 

Satu kata paling tidak ingin didengar oleh mungkin setiap orang..

Satu kata yang mungkin dianggap akhir dari segalanya..

Satu kata yang biasanya menimbulkan kesedihan bagi mereka yang meninggalkan atau malah ditinggalkan..

Satu kata yang kadang dibutuhkan untuk mendapat sesuatu yang lebih baik..

 

Perpisahan memang kadang bukan sesuatu yang kita inginkan terjadi. Sungguh. Perpisahan itu kadang rasanya lebih menyakitkan. Meskipun kadang perpisahan menandakan kita harus berjalan, mencapai sesuatu yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Perpisahan kadang adalah awal, dan malah bukan akhir. Perpisahan adalah proses. Proses menjadi lebih baik lagi dari pribadi yang sebelumnya.

 

“Jika akhirnya ada perpisahan, lalu untuk apa ada pertemuan?”

Jika tidak ada pertemuan maka otomatis tidak akan ada perpisahan. Maka kapan kita akan belajar dewasa? Jika kita tidak bertemu orang-orang dalam kehidupan kita, bagaimana bisa kita berkembang menjadi seseorang yang lebih baik?

Sadar tidak sadar sebenarnya sudah banyak perpisahan yang telah kita lewati. Sebagai contoh, gue udah mengalami perpisahan banyak sekali. Berpisah dengan teman-teman TK, lalu pernah berpisah dengan orang paling berharga di hidup gue (red:papa&mama)–meskipun hanya untuk sementara waktu-, berpisah dengan sahabat waktu SD, SMP dan kemudian SMA, lalu berpisah juga dengan beberapa orang yang dulunya gue sayangi, dan menghiasi hati gue, dan juga berpisah dengan adik angkat yang sebenarnya gue anggap sebagai adik kandung gue sendiri.

Tidak ada pertemuan yang abadi, seperti pertemuan, tidak ada perpisahan yang abadi. Karena pasti ada pertemuan lagi setelah perpisahan. Bisa dengan orang yang sama maupun dengan orang yang berbeda. Keputusan berpisah, do’akan saja yang terbaik untuk dia yang meninggalkan dan untuk dia yang ditinggalkan, do’akan yang terbaik untuk orang yang berpisah denganmu.

Orang-orang datang ke kehidupanmu tanpa bisa kau tolak. Ada beberapa yang memang datang untuk pergi dan beberapa datang dan bertahta selamanya di hidupmu. Kau tidak bisa menghindari semuanya. Ini proses. Semua di hidup ini berubah yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri.

 

nb : Selamat jalan buat @yusuf_arta dan @AlfarRenikson , bagian dari keluarga besar di tempat gue sekarang. Semoga kalian bisa meraih mimpi kalian. Kalian harus lebih sukses dari kami di sini (mengutip kata-kata Acong) . Good luck! :)

Advertisements

Your feedback is a gift

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s