Menjadi Diri Sendiri

“Kadangkala kita bukanlah apa yang orang lain lihat, dengar dan rasakan. Namun kadang, topeng kita nampak seperti asli~DSC”

 

Di balik senyuman seseorang mungkin kita dapat menemukan berjuta tangisan. Atau sesungguhnya ada senyuman tersembunyi di balik sebuah tangisan. Ada kalanya orang lain menilai kita A namun itu bukan kita. Bahkan tanpa kita sadari pun, telah banyak rahasia dan misteri yang tersembunyi di dunia ini. Itulah sebabnya kita tidak boleh melihat seseorang hanya dari covernya. Mungkin saja seseorang di sekitar kalian yang biasa membuat onar di sekolah, ternyata adalah seseorang yang penyayang, lemah lembut dan sabar. Mungkin saja seseorang yang hatinya sebaik malaikat itu ternyata menyimpan berjuta amarah atau dendam. Bukan bermaksud untuk curiga, tapi kita perlu mengetahui bahwa pada dasarnya manusia adalah baik, namun ada hal-hal yang menyebabkan mereka melakukan sesuatu. Baik ataupun buruk, semua perbuatan pasti memiliki ujung dan pangkal.

Jika kalian perhatikan sekeliling kalian, orang yang setiap hari selalu gembira dan tertawa riang, bukan berarti mereka tidak pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Tapi mereka semua adalah orang yang tahu bahwa masalah yang ada bukan untuk menghancurkan hidup mereka dengan tangisan, namun bagaimana mereka mengerti bahwa masalah itu selayaknya diatasi dan dijadikan pedoman untuk kembali melanjutkan hidup.

Ada kalanya seseorang dapat menjadi dirinya sendiri. Mungkin itu terjadi saat mereka dalam kesendirian. Saat mereka berpikir mengapa semua orang seperti tidak bersamanya. Atau saat mereka berpikir sampai kapan mereka harus menjalani hidup yang sama sekali jauh dari seperti apa diri mereka sendiri. Ada kalanya saat kita menyembunyikan sesuatu, itu hanya terasa sangat sangat dan sangat berat bagi diri kita sendiri. Jika berat yang terasa sudah tak sanggup lagi kalian pikul, coba luangkan waktu kalian. Menyatulah dengan alam dan beri waktu pada diri kalian untuk sendiri. Untuk menikmati waktu sendirian. Cobalah lepaskan diri dari ramainya lingkungan dan beratnya aktivitas yang membuat kalian jenuh. Cobalah keluar dari kepenatan dan jadilah diri kalian sendiri. Lebih baik lagi jika kalian dapat menjadi diri kalian sendirir dalam kondisi dan situasi apapun.

Mari kita sama-sama belajar untuk menjadi diri kikta sendirir dan membuang jauh-jauh topeng yang seringkali membuat kita sangat terbebani!

Dhammala Sobhita Chandra

08 Agustus 2010

14 : 18

Advertisements

Your feedback is a gift

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s